11 Juli 2012

Rumit dan Sederhana adalah Estetika Kehidupan (2)

"Hidup sederhana adalah sebuah prinsip yang logis dan religius"

Sederhana. Sebuah kata yang nyatanya mudah diucapkan dan memang mudah dipahami. Sederhana itu tidak mbulet, tidak bertele-tele, tidak banyak muatan dan tidak banyak pilihan. Ya, memang seperti itulah sederhana. Sebuah estetika kehidupan yang nyata. Sebuah gaya hidup yang entah sudah berapa lama digunakan oleh segelintir orang di dunia ini.

Sederhana, pola pikir yang terlalu sering saya gunakan sampai detik ini. Antara ya dan tidak. Hanya dua pilihan itu, pro atau kontra terhadap suatu permasalahan hidup. Dan memang saya suka ini semua. Sebuah tantangan tersendiri untuk terus konsisten di jalur ini.

Mungkin terlalu dini bagi saya untuk menentukan sikap. Nyatanya, sudah lama juga saya bisa seperti ini. Sederhana itu prinsip! Dan sepertinya sangat sulit dilakukan pemuda era sekarang. Yang lebih bangga 'pamer'. Terlalu banyak kepentingan nafsu dan segala pemenuhannya.

Bagaimana mungkin seseorang lebih memilih membelanjakan uangnya yang berlebih untuk memenuhi segala kebutuhan fashion, gaya hidup, pencitraan dan entah apa itu? Ah, mungkin mereka belum pernah merasakan hidup terlunta-lunta di jalanan dan menghadapi siksaan dunia. Bukankah tuhanmu memerintahkan untuk berbagi? Sederhanakan pilihanmu! Ikuti Tuhan atau Nafsu? Ya atau tidak!

Orang yang paling berpengaruh di dunia versi M. Heart, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kesederhanaan hidup. Semacam memilih akhirat atau dunia. Lihat saja berapa pakaian yang beliau miliki? Bahkan ketika masih basah karena baru dicuci-pun dipakai. Bukan terpaksa! Tapi beliau sadar jika banyak rakyatnya yang lebih membutuhkan. Begitu pula dengan 4 imam setelah beliau wafat. Betapa hebatnya mereka, sukses menerapkan prinsip hidup sederhana.

Sederhanakan pola pikirmu, sederhanakan hidupmu! Agar kelak jika jadi pemimpin, hanya punya 2 pilihan. "Jalan tuhan atau jalan setan?".


2 komentar:

  1. Yes, pripsipnya dijalanin aja, karena susah senang pasti berlalu semua :-)

    Investasi Pemula | Gravitasi Hoax

    BalasHapus